Membasmi Dan Mencegah Virus Stuxnet

>> Sunday, February 13, 2011

Tahun 2010 yang lalu (ane lupa bulan berapa), ane kena virus Stuxnet alias Winsta. Asalnya dari flashdisk teman ane. Ane sempat panik tapi akhirnya ane bisa menghajarnya pake antivirus yang ane pake yang udah ane update, yaitu si NOD32 v.4. Ane update tu antivirus dan langsung ane scan semua drive. Ketahuan deh si Stuxnet nongol di C:\windows\system32\ (namanya Winsta.exe, di C:\windows\system32\drivers\ (namanya mrxnet.sys dan mrxcls.sys). Acem benar tu virus. Dia langsung bisa masuk melewati hadangan antivirus ane. Akhirnya ane tau, si virus ini memanfaatkan celah Windows XP yang memungkinkan dia bisa melakukan itu dan langsung bisa masuk pas flashdisknya dicolokin. Hebattt...!!!! Dan kalau nggak salah, virus ini menempati peringkat ke-6 dalam hal jumlah menginfeksi pengguna komputer.
Stuxnet ini adalah virus jenis worm. Kalau teman-teman udah sempat kena tu virus dan antivirus yang dipake nggak mendeteksinya, donlot file ini dan jalankan di bagian manapun di komputer. Dari flashdisk juga nggak apa-apa. Ini cuma file batch sederhana yang berfungsi menghapus si Stuxnet dan mencegahnya masuk lagi.
Si Stuxnet bakalan ketahuan kalau pengen masuk ke komputer teman-teman karna bakal muncul message box. Klik aja No di message box itu. Cara selanjutnya untuk mencegah si Stuxnet masuk adalah dengan mempatch celah Windows yang dimanfaatkan tu virus. Donlot aja
patchnya di sini. Tapi, ada perhatian bagi pengguna Windows XP modifikasi. Kalau menginstall patch ini, maka tampilan Windows modifikasi Anda khususnya bentuk dan warna foldernya akan kembali ke tampilan Windows XP biasa. Tapi, kalau udah merasa aman dengan make file batch tadi juga nggak apa-apa. Imbangi dengan sering ngupdate antivirus yang teman-teman pake.




Related Post




0 comments:

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar :

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2013

Back to TOP