Hemat Listrik, Bro...

>> Tuesday, February 10, 2009

Kita harus semakin sadar betapa pentingnya menghemat listrik karena ini juga berhubungan dengan polusi. Apa hubungannya, Bro? Tulisan ini kan tentang polusi. Sepertinya nggak gitu masalah kalau listrik nggak dihemat. Yang penting kita bisa bayar. Nggak nunggak. Kalau udah boros listrik trus bayarnya nunggak juga, itu baru masalah. Kalau semakin besar biaya listrik yang kita bayar, tentu kas negara juga bertambah besar.
Sabar, sabar. Saya menghemat listrik karena masalah sebenarnya seperti ini :
Pembangkit tenaga listrik di negara kita masih mengandalkan bahan bakar fosil sebagai bahan bakarnya. Penggunaan bahan bakar fosil ini menghasilkan gas penyebab polusi seperti CO2, SOx,dll. Semakin banyak kita memakai listrik, maka daya yang harus disediakan oleh pembangkit listrik harus semakin besar. Jangan lupa, bahan bakar fosil yang digunakan juga harus semakin banyak. Ho-ho-ho, jangan lupa juga bahwa gas penyebab polusi yang dihasilkan juga bertambah banyak. So, berarti bumi kita akan semakin panas. Gitu, Bro!!!
Sebenarnya, menghemat listrik itu nggak sulit sama sekali. Saya menghemat listrik hanya dengan melakukan hal-hal kecil seperti :
1. Mematikan barang-barang elektronik jika tidak dipakai lagi. (Cara lama yang selalu ampuh)
2. Mencabut charger alat elektronik jika baterainya sudah penuh.

Nb : Ketika men-charge barang elektronik seperti notebook atau handphone, daya yang terpakai hanya 25 %. Selebihnya terbuang.

Selanjutnya, banyak diantara kita yang menggunakan kendaraan bermotor ke tempat kerja, sekolah, atau tempat lainnya. Akan tetapi, jauh lebih baik jika kita menggunakan angkutan umum, sepeda, atau jalan kaki jika jaraknya masih memungkinkan. Selain mengurangi polusi, kita juga menghemat bahan bakar. Katanya sih, bahan bakar di negara kita akan habis dua puluh tahun lagi itupun dengan catatan apabila jumlah pemakaiannya tetap. Padahal kan jumlah kendaraan semakin lama semakin bertambah dari tahun ke tahun. Bisa-bisa lima belas tahun lagi udah habis.
Bisa kita bayangkan bagaimana kita nantinya hidup tanpa bahan bakar dua puluh tahun yang akan datang. Membiasakan diri bersepeda merupakan satu alternatif yang sangat bagus. Itu sudah terbukti di negara-negara lain. Menghemat pengeluaran, menyehatkan tubuh, dan tidak menimbulkan polusi. Menyelam sambil minum air sambil menangkap ikan. Three in one.




Related Post




0 comments:

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar :

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2013

Back to TOP