Memunculkan File Yang Disembunyikan Virus

>> Tuesday, December 21, 2010

Ane punya pengalaman dengan virus. Dulu flashdisk ane pernah kena virus dan langsung ane scan pake antivirus. Virusnya pun bersih. Ane langsung buka flashdisk ane. Tapi.... jreeenggg.... sebagian data ane malah hilang tak berbekas. Ane bingung. Tapi, ternyata pas iseng-iseng ane cek di Properties-nya, ternyata besar data tersimpan di flashdisk lebih besar daripada besar data yang keliatan secara kasat mata. Ane simpulkan langsung bahwa data ane yang hilang itu sebenarnya masih ada di dalam flashdisk tapi tersembunyi. Ane utak-atik biar datanya keliatan lagi, tapi nggak berhasil. Akhirnya, karna kesal ane format aja langsung flashdisknya. Ane nggak tau cara munculinnya lagi.
Beberapa tahun kemudian, ada lagi kejadian serupa. Seorang teman ane kena virus di laptopnya dari flashdisk yang lagi dia pake dan dia minta tolong sama ane karna gara-gara virus itu data yang lagi dipakenya dari flashdisknya jadi hilang tak berbekas. Ane pada waktu itu bukanlah ane yang dulu lagi. Dengan kemampuan ane (Hehe...), ane hapus virus itu dan ane ketik satu baris perintah di Command Prompt. Ane tekan Enter dan jreeenggg... datanya muncul lagi. Teman-teman ane itu pun keheranan dan langsung muji-muji ane. Hehe... Padahal caranya gampang...
Nah, kalau teman-teman mengalami kejadian yang kayak gitu, nggak usah kuatir. Hapus dulu sisa virus yang ada di flashdisk. Biasanya berbentuk shortcut (Pastikan flashdisknya udah discan sebelumnya). Kalau udah, buka Command Prompt. Caranya, buka dari Start ---> All Programs ---> Accessoris ---> Command Prompt, atau buka Run dan ketik cmd (Untuk Windows XP). Lalu, ketik perintah i bawah ini. Jangan sampai berbeda :



Biar lebih jelas, ane kasih contohnya. Misalkan drive yang mau dimunculin datanya adalah drive H. Maka yang harus diketik :



Cara ini tak hanya bisa dipakai untuk flashdisk, tapi juga untuk semua hardware penyimpan data.
Semoga bermanfaat..




Related Post




0 comments:

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar :

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2013

Back to TOP