Mengatasi Error Matlab Di Windows 7

>> Thursday, December 23, 2010

Kemarin-kemarin ane udah post tentang Matlab dan ada pertanyaan apakah Matlab yang ane kasih link donlotnya itu jalan di Windows XP atau Windows 7. Ane jawab kalau itu jalan di Windows XP dan tested by me. Ane kasih janji kalau ane bakalan post tentang menjalankan Matlab itu di Windows 7. So, untuk menepati janji itu, ane kasih postingan ini.
Matlab yang ane kasih linknya itu memang error di Windows 7. Tapi, nggak usah kuatir karna ada obatnya ane kasih di bawah.
Diasumsikan Matlab yang dipakai adalah versi 7.1 (Versi Matlab yang linknya ane kasih)
1. Donlot Java (jre1.5.0_19 atau jre6). Untuk kali ini, yang ane pilih adalah jre1.5.0_19

2. Install Matlab seperti biasa

3. Install Java

4. Restart komputer dan masuk ke dalam Safe Mode

5. Buka direktori C:\Program Files\Matlab\sys\java\jre\win32. Edit folder jre 1.5 sesuai dengan keinginan. Tapi, ingat terlebih dahulu namanya sebelum diubah. Misalkan, namanya setelah diganti adalah ronny_jre1.5.0

6. Buka folder Java yang telah diinstall tadi, yaitu di C:\Program Files\Java. Cari folder yang bernama jre1.5.0_19. Copy folder ini dan paste ke direktori Matlab tadi, yaitu di C:\Program Files\Matlab\sys\jre\win32\

7. Rename folder yang di-paste tadi menjadi nama asli folder yang namanya diubah menjadi ronny_jre1.5.0. Misalkan, nama foldernya tadi sebelum diubah adalah jre1.5.0. So, ubah nama folder yang di-paste tadi menjadi jre1.5.0

8. Restart komputer dan masuk ke Windows seperti biasa


Matlab siap dipake di Windows 7.




Related Post




4 comments:

Anonymous berkata...

mau tanya mengenai langkah ke lima,,,
kalo sy pnya ,,,,nama foldernya tdk bsa di rename.
bagaimana???

Ronny Purba berkata...

Coba copy dahulu ke folder lain dan ganti namanya. Folder yang dicopy tadi didelete. Kalau nggak mau didelete, pake Unlocker. Copy file yang udah direname tadi ke folder installan

Anonymous berkata...

knp kku pke cra di atas file matlab GUI tdk dpt dbka?

Ronny Purba berkata...

Coba ganti versi java yang lebih baru

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar :

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2013

Back to TOP