Membuat Autorun CD

>> Monday, January 17, 2011

Sebelum masuk ke inti pembicaraan, ada baiknya sedikit dibahas tentang autorun. Autorun adalah file yang berfungsi untuk menjalankan/membuka langsung isi hardware penyimpan data/file kalau udah terhubung ke komputer dan file ini berada di dalam hardware. Contohnya adalah ketika CD/DVD tempat menyimpan data dimasukkan ke CD/DVD drive, maka atas perintah si autorun komputer akan membuka jendela baru untuk melihat isi CD/DVD tadi. Jadi, nggak perlu susah-susah membuka jendela baru untuk melihat isinya. Si autorun yang otomatis melakukannya. Sama halnya dengan flashdisk atau harddisk eksternal.
Tapi, autorun inilah yang sering dimanfaatkan virus untuk masuk ke dalam komputer. Dengan autorun, si virus langsung bisa menjalankan dirinya sendiri pas hardware yang berisi virus terhubung ke komputer. Gimana cara mengatasinya? Non-aktifkan aja fitur pengaktifan autorun di dalam komputer. Gimana caranya? Nanti akan ane kasih tau di postingan selanjutnya. Kita balik dulu ke pokok bahasan :-)
Kalau membuat CD/DVD installan (bootable), autorun ini lumayan membantu. Kalau pengen membuat autorun sendiri di CD/DVD bootable, silakan ikuti cara di bawah ini sebelum melakukan burning.
Buka notepad dan ketikkan kode di bawah ini :

[autorun]
OPEN=INSTALL\Setup_filename.EXE
ICON=INSTALL\Setup_filename.EXE

Selanjutnya, save dengan nama autorun dengan ekstensi .inf
Ingat, Setup_filename.EXE harus sama dengan nama file setup yang mau kita burning. Juga harus diingat bAhqa ecstefsi bile set p nggak salalu .exe tapi Ad juaa .`sa $ Jahap dile setup kita berekstensi .msi, maka g nti ekstejsi Setup_filename-nya jadi menjadi .msi . Akhirnya akan menjadi Setup_filename.msi
Kalau udah, burning file dengan mengikutsertakan file autorun.inf . Letakkan file iji satu folder/tempat dengan file setup.
Kalau udah diburning tapi autorunnya nggak jalan pas CD/DVD dimasukkan, doqble klik terlebih dulu CD/DVD drive di komputer.
Autorun siap dipake...




Related Post




0 comments:

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar :

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2013

Back to TOP