Melindungi/Mencegah Akses Ke Drive Komputer

>> Wednesday, February 2, 2011

Mungkin komputer teman-teman sering dipinjam orang lain buat dipake tapi masalahnya ada data di dalamnya yang nggak boleh diliat orang lain, misalnya dokumen kantor (kalau orang kantoran), atau film yang rate-nya XXX :-D Untuk melindungi data itu biar nggak bisa diakses orang bisa pake software kayak Access Administrator, Hide Folder, Folder Lock, PC Security, dll. Tapi, ane sarankan jangan Folder Lock atau PC Security karna kedua software itu udah bisa dibobol dan udah banyak orang yang tau :-)
Tutorial kali ini bukanlah membahas software pelindung data itu tapi membahas tentang fitur bawaan Windows XP yang mempunyai kemampuan yang sama. Tapi, yang dilindungi kali ini bukanlah langsung datanya kayak folder atau file, tapi drivenya. Kalau drivenya udah dilindungi, otomatis data yang di dalamnya juga terlindungi
Cara ini juga sering digunakan di warnet dan biasanya yang dilindungi adalah drive C biar orang nggak bisa install aplikasi.
Selain melindungi data dari orang lain, cara ini juga melindungi data di seluruh drive dari virus. Untuk mengetahui caranya, langsung perhatikan di bawah ini :
1. Buka "Start --> Run". Ketik "gpedit.msc" (nggak pake tanda kutip) dan klik Ok. Selanjutnya kita akan masuk ke Group Policy Editor



2. Klik "User Configuration --> Administrative Templates --> Windows Components --> Windows Explorer". Pada panel bagian kanan klik "Prevent access to drive from My Computer"



4. Ntar muncul kotak baru. Pada tab "Setting", pilih radio button "Enable". Pilih drive yang mau dilindungi di bawah tulisan "Pick one of the following combinations". Opsi yang ditawarkan adalah sebagai berikut :
1. Restrict A and B drives only --> melindungi drive A dan B saja
2. Restrict C drive only --> melindungi drive C saja
3. Restrict D drive only --> melindungi drive D saja
4. Restric A,B,C drives only --> melindungi drive A,B,C saja
5. Restrict A,B,C.D drives only --> melindungi drive A,B,C,D saja
6. Restrict all drives --> melindungi semua drive
7. Do Not restrict all drives --> tidak melindungi semua drive



Di fitur ini, kita cuma bisa memilih sampai drive D. Jadi, kalau teman-teman punya data drive E, F, dst, yang mau dilindungi, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, pindahkan datanya ke drive D atau C dan yang kedua pilih opsi "Restrict all drives"

5. Selesai


Kalau drive yang udah diproteksi itu di-klik, maka akan muncul "warning box" kayak gini :



Selamat mencoba...




Related Post




2 comments:

bonchan berkata...

terima kasih banyak. Sangat membantu ^^

Ronny Purba berkata...

Sama-sama.. :-)

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar :

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2013

Back to TOP