Menghapus Recent Files List Di Windows Media Player

>> Friday, March 4, 2011

Windows Media Player adalah player musik dan video bawaan Windows. Ini adalah player favorit ane untuk mutar musik atau video/film walaupun kebanyakan orang make Winamp buat melakukan hal yang sama, khususnya player untuk musik. Ane jarang make Winamp karna ane rasa berat loadingnya.
Nah, di Windows Media Player ini terdapat list musik atau video yang udah pernah kita putar. Letak ada di dalam menu File. Bagi yang belum tau, coba aja buka Windows Media Player dan buka menu File. Lihat di urutan bawah. Terdapat nama-nama file yang pernah kita putar beserta drive asalnya.
Bagi sebagian orang, adanya list ini bukanlah masalah. Tapi, bagi sebagian orang khususnya yang sering buka file video ber-rate XXX :-D pake player ini, ini tentunya menjadi masalah karna orang lain yang juga membuka Windows Media Player itu bisa melihat file yang kita buka tadi beserta asal drivenya. Kalau teman itu akrab dan pengertian, itu bukanlah masalah menurut ane, tapi kalau yang buka adalah pacar atau malah orang tua :-D, itu bukan cuma masalah tapi juga bencana. Haha...
Nah, biar aman, kita bisa menghilangkan list ini. Caranya adalah dengan mengedit registry. Sebelum melakukannya, back up dulu registry teman-teman. Caranya ikuti di bawah ini :
1. Buka registry editor
2. Masuk ke "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\MediaPlayer\Player"
3. Cari subkey yang namanya "RecentFileList" dan hapus. Tapi, sebelumnya perhatikan struktur di dalam subkey ini. Ini penting kalau nanti pengen ngembaliin settingannya ke semula. Perhatikan kalau di dalam subkey ini ada string yang kalau di tempat ane jumlahnya ada 8 dengan nama File0, File1, dst. Kalau mau ngembalikan settingan ke semula, buat aja subkey yang namanya sama dan struktur string yang sama juga di dalamnya.
4. Restart komputer

Selesai. Semoga tulisan ini bisa membantu. Selamat mencoba...




Related Post




0 comments:

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar :

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2013

Back to TOP