Mempercepat Browsing Ke Jaringan

>> Friday, March 4, 2011

Bagi yang komputernya terhubung ke jaringan yang saling berbagi data, pasti pernah merasakan hal ini. Pas mau buka komputer lain dalam satu jaringan itu, komputer kita jadi lemot dan browsing pun jadi lambat. Komputer yang kita tuju juga lama baru bisa dibuka.
Sebenarnya apa penyebabnya? Penyebabnya umumnya adalah fitur Windows Explorer kita yang mencari lebih dulu informasi "scheduled tasks" komputer yang kita tuju. Ini butuh waktu beberapa lama di beberapa komputer karna sistem juga menunggu respon dari komputer yang dituju yang mengakibatkan jendela network jadi nggak bisa di-klik alias "freeze".

Masalah ini memang terlihat kompleks tapi sebenarnya penyelesaiannya cuma sederhana. Pada dasarnya, informasi yang ditunggu dari komputer yang dituju itu bukanlah informasi yang penting bagi komputer kita kalau kita bukanlah administrator sistem yang mengatur "scheduled tasks" tersebut. Jadi, fitur ini bisa di-disable. Caranya adalah dengan melakukan perubahan pada jantung Windows alias di registry. Gimana membuat perubahannya? Ini dia :
1. Buka registry editor
2. Masuk ke "HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\RemoteComputer\Namespace"
3. Di dalamnya ada subkey yang namanya "{2227A280-3AEA-1069-A2DE-08002B30309D}" dan "{D6277990-4C6A-11CF-8D87-00AA0060F5BF}". Subkey yang pertama fungsinya adalah memberitahu Explorer untuk menunjukkan printer yang dibagi bersama dan subkey yang kedua berfungsi untuk menunjukkan "scheduled tasks" dari komputer yang akan kita tuju. Subkey terakhir inilah yang dihapus dengan cara klik kanan pada key itu dan pilih "Delete"
4. Restart komputer dan selesai

Sedikit tambahan, kalau teman-teman nggak menggunakan printer yang dibagi bersama, hapus aja subkey yang satunya lagi dan restart komputer. Ini juga meningkatkan kecepatan browsing jaringan. Semoga bermanfaat...




Related Post




0 comments:

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar :

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2013

Back to TOP