Windows XP Versus Windows 7 : Windows XP Windows Jadul?

>> Monday, February 13, 2012

Sejak tahun 1985, Microsoft sudah merilis berbagai jenis Operating System (OS) yang berbasiskan Windows, mulai dari Windows 1.0 sampai dengan yang terbaru pada saat ini, Windows 7. Sekarang, peminat Windows malah sedang menunggu dirilisnya Windows 8. Walaupun Windows adalah OS terbesar yang dipakai di seluruh dunia, Microsoft tidak selalu meraup sukses dari setiap versi OS Windows yang mereka rilis. Setidaknya itu menurut saya.Produk OS Windows milik Microsoft yang menurut saya

Windows 7


Windows XP

paling sukses dalam hal paling laris di pasaran adalah Windows XP. OS ini juga adalah OS Windows yang paling lama masa edarnya (hingga pada saat ini), yakni mulai tahun 2001-2007 dan kemudian digantikan dengan Windows Vista. Akan tetapi, Windows Vista tidak mengalami kesuksesan sebagaimana pendahulunya itu dan sebaliknya malah dianggap sebagai produk gagal.
Selanjutnya, Windows Vista digantikan oleh Windows 7. Saya tidak tahu ini hanya isu atau memang sebenarnya bahwa Windows Vista hanyalah OS transisi dari Windows XP ke Windows 7. Ini untuk menutupi kenyataan gagalnya produk ini atau memang itulah yang sebenarnya? Hanya merekalah (Microsoft, red) yang tahu.
Dirilisnya Windows 7 beberapa tahun yang lalu menjadikan Windows XP mulai tersingkir meskipun juga masih banyak orang-orang yang bertahan dengan Windows ini (salah satunya saya pastinya) dan ketika merilisnya, Microsoft mengklaim bahwa Windows 7 ini adalah Windows yang paling bagus performanya (dalam hal kecepatan) dari semua OS Windows yang pernah dirilis. Memang benar ada peningkatan kecepatan seperti yang mereka nyatakan, tapi perhatikan dahulu kenyataan bahwa untuk menjalankan Windows 7 diperlukan spek komputer yang lumayan tinggi hanya untuk menjalankannya secara standar. Yang pertama adalah dari sisi prosesor. Prosesor minimal untuk menjalankan Windows 7 adalah Dual Core. Selanjutnya adalah dari sisi Random Access Memory dimana RAM yang disarankan minimal adalah 2 Gigabyte. Kemudian, bandingkanlah hal ini dengan spek komputer yang diperlukan untuk menjalankan Windows XP. Prosesor minimal yang diperlukan adalah Pentium 3 (bahkan bisa Pentium 2), RAM minimal adalah 512 MB. Jadi, pertanyaannya apakah Windows 7 memang mengalami peningkatan kecepatan daripada Windows sebelumnya atau itu adalah efek dari kemampuan hardware? Dari pengalaman saya, jika spesifikasi hardware ini dijalankan untuk Windows XP, Windows XP juga mengalami peningkatan performa kecepatan :D Malah mungkin lebih cepat daripada Windows 7.
Selanjutnya, mengapa ada perbedaan yang demikian besar untuk kedua Windows ini? Jawabnya adalah karena ada perbedaan yang cukup signifikan dalam hal pembebanan untuk meloading kedua Windows tersebut dan perbedaan tersebut sebagian besar disebabkan oleh tampilan/tema Windows tersebut. Windows XP dengan tampilan defaultnya hanya sedikit mempunyai "beban" yang untuk diloading dalam keadaan idle. Tampilan Windows 7 memang lebih bagus daripada Windows XP. Akan tetapi, hal ini mengakibatkan kebutuhan memory untuk meloading Windows ini dalam keadaan idle juga bertambah besar. Karena beban yang harus diloading semakin besar, maka kemampuan pemroses loading itu alias prosesor harus disesuaikan juga. Kalau tidak, kecepatan loading komputer menjadi menurun karena kemampuan memproses tidak sebanding dengan beban yang diberikan. Tampilan Aero di Windows 7 memang salah satu penyebab mengapa Windows ini memberi beban yang berat untuk diload oleh hardware
Menurut saya hanya tampilanlah pembeda besar antara Windows XP dan Windows 7 dan mungkin ini juga salah satu penyebab kenapa banyak orang beralih ke Windows 7 selain karna alasan biar nggak kelihatan "tertinggal". Padahal "jeroannya" XP dan 7 sebenarnya sama 90-95%. "Kulit" memang bisa jadi pembeda.
Sebagai manusia normal, saya juga sependapat dengan kebanyakan orang bahwa tampilan Windows XP itu jadul. Tapi ingat, itu hanyalah tampilan. Kalau soal "jeroan", saya lebih memilih Windows XP daripada Windows 7. Soal tampilan, itu bisa saja diubah sesuai dengan selera kita. Ada banyak software yang bisa mengubah tampilan Windows XP menjadi lebih keren tanpa menambah banyak beban pada hardware. Salah satu pengguna software sejenis ini pastinya adalah saya :D (Walaupun sebenarnya spesifikasi PC saya jauh di atas cukup untuk Windows 7) Ada banyak juga software yang bisa mengubah tampilan Windows XP menjadi Windows 7 walaupun tidak sempurna hingga detail-detailnya. Ini adalah solusi terbaik daripada harus mengganti sistem operasi yang lebih berat hanya untuk mendapatkan tampilan yang lebih bagus atau malah sampai harus mengupgrade hardware :D
Jadi, Windows XP itu sebenarnya memang jadul tapi hanya dalam tampilan. "Jeroannya" lebih meyakinkan daripada Windows 7. Dengan kata lain, kuantitas memang kalah dari Windows 7 tapi tidak dalam kualitas.
Salam Windows XP :D




Related Post




2 comments:

tampilan windows 3.1 berkata...

mantabs banget gan tampilan windows 7, cuma installernya gede. juga lebih lemot dari win xp.

Ronny Purba berkata...

Betul, Gan. Windows 7 itu cuma menang tampilan...
Mkasih udah berkunjung ya, Gan..

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar :

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2013

Back to TOP