Perbedaan Antara DVD-R, DVD+R, DVD+RW, dan DVD-RW

>> Sunday, March 6, 2011

Kepanjangan dari DVD adalah Digital Versatile Disc. Dalam dunia pem-burningan data, ane lebih senang make DVD daripada CD. Alasannya adalah karna pake DVD bisa memuat jauh lebih banyak data daripada CD dan harganya pun nggak jauh beda walaupun untuk membacanya harus pake pembaca DVD. Ane sebenarnya udah tau ada jenis-jenis DVD kayak DVD-R, DVD+R, DVD+RW, dan DVD-RW.
Tapi, ane dulu nggak tau apa arti dari huruf-huruf tambahan di belakangnya itu karna ane kira semua jenis DVD itu sama aja. Ternyata nggak kayak gitu. Nah, untuk mengakomodasi teman-teman yang belum tau apa perbedaan jenis-jenis DVD itu, ane ceritakan di sini.
Pertama, yang kita lihat adalah perbedaan dari huruf yang dimiliki jenis DVD itu. R itu adalah singkatan dari "readable" dan W adalah singkatan dari "writeable". Perbedaan utama dari ketiga jenis DVD di atas terletak pada kedua huruf itu. Kalau DVD yang cuma memiliki huruf "R", berarti DVD itu cuma bisa dipake untuk menyimpan data sekali saja dan datanya cuma bisa dibaca (readable). Data di dalam jenis ini juga nggak bisa dihapus seumur hidup DVD itu. DVD yang cuma pake "R" ini sangat cocok dipake kalau cuma mau ngasih data ke teman atau transfer data antar PC. Kalau DVD yang punya huruf "RW", berarti DVD itu bisa menyimpan data dan data di dalam DVD itu juga bisa dihapus. Data di dalam itu juga bisa dibaca (readable) dan ke dalam DVD ini juga bisa menyimpan data lagi (writeable). Ini bisa dilakukan berkali-kali. DVD jenis ini cocok dipake buat back up karna dirancang mempunyai daya tahan pakai lebih lama. Harga DVD jenis ini lebih mahal dari yang jenis DVD pake "R" tadi.
Sekarang, yang dibahas adalah perbedaan antara DVD-R/DVD-RW dan DVD+R/DVD+RW. Kayak yang udah dibahas tadi, perbedaan DVD pake "R" dan DVD pake "RW" hanya terletak pada kemampuan "writeable". Jadi, di sini kita fokus pada pembahasan tanda plus (+) dan minus (-) yang tercantum. Perbedaan yang pake tanda plus dan yang pake tanda minus bisa dilihat di bawah ini :
=> DVD-R/DVD-RW ini dikembang oleh Pioneer dan digunakan terutama oleh Pioneer dan Apple. Arti tanda minus (-) ini adalah DVD jenis ini cuma bisa dipake satu lapisan di permukaannya untuk tempat menyimpan data.
=> DVD+R/DVD+RW ini didukung oleh Philips, Sony, Dell, HP, dan Mcft. Arti tanda plus (+) ini adalah data bisa disimpan di dalamnya dengan banyak lapisan di permukaannya. Ini menyebabkan ruang simpan di DVD jenis ini lebih banyak daripada yang make tanda minus (-) dan harganya juga lebih mahal

Untuk CD (Compact Disk), arti huruf "R" dan "W" serta tanda plus (+) atau minus (-) sama aja dengan DVD. Perbedaannya cuma kapasitas penyimpanan.




Related Post




8 comments:

michaellandresteven96.blogspot.com berkata...

makasih gan infonya
lumayan dapat ilmu bru d sni

Ronny Purba berkata...

Makasih udah berkunjung, Gan..

Anonymous berkata...

thx info'a kk

Ronny Purba berkata...

Sama2 Van.. :)

yenny berkata...

Maaf mau tanya kalo untuk DVD-R dan DVD+R apakah sama cara burn nya? Karena selama ini saya cuma pernah pakai DVD-R, jadi belum mengerti sama sekali dengan DVD+R. Thank u

Ronny Purba berkata...

Setahu saya sama saja, mbak.. :)

Ronny Purba berkata...

Sama2, Gan..

Rayhan berkata...

terimakasih sangat membantu, jangan lupa kunjungi blog saya rayhanfasyafirdausi.blogspot.com

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar :

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2013

Back to TOP